Tips Pemakaian Mixer Agar Lebih Awet

Buat kamu yang hobby memasak serta membuat kue, mixer tentu menjadi peralatan yang wajib ada di dapur. Fungsi mixer membuat proses adonan kue menjadi lebih cepat dan praktis agar cepat tercampur secara rata.

Namun tidak semua orang memahami cara merawat mixer agar tidak mudah rusak. Supaya mixer kamu lebih awet dan tahan lama, ada baiknya mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Mulailah dari kecepatan rendah
Meski bisa teraduk dengan cepat, memulai mengaduk adonan langsung dengan kecepatan tinggi membuat adonan tidak akan tercampur dengan rata.

Tambah kecepatan secara bertahap
Setelah mulai dari kecepatan rendah, lalu tambahlah kecepatan mixer secara bertahap. Selain adonan akan tercampur merata, mesin mixer akan “tidak kaget” dengan kecepatan yang diatur bertahap seperti ini.

Mengenali fungsi dan perbedaan pengaduk dan pengocok
Hook (pengaduk): Biasanya berbentuk spiral atau ada juga yang menyerupai huruf C, digunakan untuk mengaduk adonan yang lebih berat, seperti mengaduk tepung dan jenis bahan makanan yang sangat kental seperti adonan roti atau pizza.
Beater (pengocok): digunakan untuk mencampur adonan yang tidak membutuhkan udara, seperti mengocok mentega ataupun gula untuk membuat krim. Bisa juga digunakan untuk membuat frosting cake dan adonan kue.

Jangan mencuci mesin mixer dengan air
Untuk mengurangi risiko korsleting pada mixer, jangan mencuci mixer dengan air. Lebih baik menggunakan lap basah saja untuk membersihkan mixer.

Selain merawat dan membersihkan mixer setelah menggunakannya, pilihan mixer juga patut diperhatikan. Jika salah memilih mixer, niscaya mixer akan cepat rusak walaupun kita sudah merawatnya dengan baik.
Dengan Mixer Cosmos CM-1579 atau yang lebih banyak dikenal dengan Cosmos “Cosmic Mixer”, kamu bisa membuat kue dan adonan lebih praktis, cepat dan juga awet. Mixer ini memiliki fitur dan kelengkapan yang canggih, termasuk mempunyai 5 pengaturan kecepatan termasuk kecepatan turbo. Kemudian Mixer Cosmos CM-1579 sudah dilengkapi dengan 2 Beater dan 2 Hook serta pengaman panas berlebih (Thermostat). Urusan listrik, mixer ini memiliki daya yang lumayan rendah dibandingkan mixer lainnya, yakni 220 watt saja. Sementara mixer merek lain berkisar di 300 watt – 400 watt.

Cosmos Mixer CM-1579

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat menggunakan mixer agar bisa awet dan tahan lama.
Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *