Menelusuri Tagihan Listrik yang Membengkak

Seringkali pelanggan listrik merasakan jantung berdebar-debar pada saat mendapatkan tagihan listrik. Pun juga pengguna listrik pra-bayar yang sudah merasa mengisi token dengan cukup, namun nyatanya kebutuhan listrik tidak tercukupi.

Terkadang kita sering mengeluh tagihan listrik yang semakin mahal, walaupun tidak ada kenaikan tarif dasar listrik yang dilakukan pemerintah. Tanpa disadari membengkaknya tagihan listrik terjadi karena kesalahan dalam penggunaan listrik di keseharian.
Apa saja?

Tidak mencabut colokan listrik
Ada beberapa kabel listrik yang tidak harus kita colokkan setiap saat untuk menghemat listrik. Contohnya kabel rice cooker. Sebaiknya listrik di rice cooker digunakan pada saat memasak dan saat ingin memakan nasi yang hangat saja, bukan dicolokkan ke listrik terus-menerus.
Kemudian juga kabel dispenser yang terus dipakai, akan mengakibatkan tagihan listrik terus naik, karena daya listrik dispenser cukup besar, yaitu 80-450 watt.
Ada kalanya juga kita lupa mencabut colokan seperti charger handphone, laptop dan lain sebagainya.

Menyalakan TV saat tidur
Banyak kebiasaan orang yang tidak mematikan tv pada saat tidur. Kebiasaan buruk ini bisa memicu membengkaknya tagihan listrik bulanan.

Boros penggunaan lampu
Contoh pemborosan lampu adalah lampu masih menyala pada saat siang hari.

Memasang AC dibawah suhu
Penggunaan AC di bawah suhu bisa menyebabkan konsumsi daya listrik yang semakin besar, terlebih lagi bila AC digunakan pada suhu 16-18 derajat untuk membuat ruangan cepat dingin pada saat suhu udara di luar ruangan sangat terik. Sebaiknya, gunakan AC pada suhu 22 derajat. Karena rata-rata suhu ruangan di Indonesia berada pada suhu tersebut.

Penggunaan setrika yang terlalu panas
Fungsi utama setrika bermanfaat untuk merapikan baju yang kusut setelah dicuci ataupun pada saat ingin digunakan. Akan tetapi, suhu setrikaan yang tidak diatur dengan tepat pada saat penggunaan akan menyedot banyak konsumsi daya listrik apabila suhu setrika terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, maka akan menyedot daya listrik yang cukup besar. Aturlah suhu setrika sesuai dengan bahan kain yang akan disetrika untuk menghemat konsumsi listrik.
Selain itu, efektifitas menyetrika juga mempengaruhi lama atau tidaknya kita menyetrika. Jika setrika yang digunakan jelek, maka panas setrika tidak menyeluruh dan memakan waktu lebih lama untuk menyetrika, sehingga penggunaan listrik pun lebih lama.
Namun dengan Setrika Cosmos CIS-438, semua terasa lebih mudah dan kamu bisa menghemat listrik lebih banyak. Kenapa? Karena ada kontrol temperatur otomatis mengikuti bahan yang sedang disetrika, juga dengan kabel panjang dan tapak stainless yang luas dan tidak lengket, sehingga sangat membantu untuk menyetrika lebih aman, mudah dan cepat. Jangan lupa Setrika Cosmos CIS-438 memiliki fitur Jetspray untuk menyetrika lebih efisien, jadi tidak membutuhkan lagi botol spray tambahan saat menyetrika.

Gimana, apakah ada salah satu poin-poin yang masih belum kamu perhatikan? Lakukanlah segera tips diatas untuk mencegah membengkaknya tagihan listrikmu.
Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *